Tugas 2 Rekayasa Kebutuhan

Pada kesempatan ini akan dikupas beberapa tahap dalam proses rekayasa kebutuhan. Studi kasus yang digunakan adalah sebuah rancangan perangkat lunak yang SKPL-nya bisa dilihat di sini.

Eliciting

Elicitation adalah tahap untuk memahami kebutuhan customer dengan melakukan wawancara. Customer dari perangkat lunak ini adalah orang-orang yang berada di Jogja dan ingin pergi ke toko, pabrik, atau museum batik, biasanya adalah turis. Rinciannya sebagai berikut
  1. Saat ini, mencari toko, pabrik, dan museum batik di Jogja cenderung sulit.
  2. Selain itu, sulit untuk mencari titik koordinat tepat dari lokasi pusat batik tersebut
  3. Kebanyakan turis memiliki HP Android yang dapat terkoneksi dengan internet dan GPS

Understanding

Berdasarkan pada proses elisitasi, dapat dipahami bahwa perlu dibangun perangkat lunak yang dapat mencakup hal-hal berikut
  1. Melihat daftar toko, pabrik, dan museum batik beserta lokasinya
  2. Melihat detail lokasi dan nomor telepon
  3. Melakukan navigasi ke titik lokasi 

Specifying

Agar perangkat lunak dapat dikembangkan dengan baik, perlu dirincikan apa saja yang diperlukan oleh perangkat lunak secara teknis
  1. Smartphone Android dengan dukungan GPS
  2. Perangkat lunak mampu menentukan titik lokasi pengguna dengan GPS
  3. Perangkat lunak mampu mengambil data dari server
  4. Perlu ada dan memaintain server untuk menyimpan dan melayani permintaan data toko, pabrik, dan museum batik

Validating

Proses validasi diperlukan untuk menguji dan memastikan apakah perangkat lunak telah dikembangkan sesuai kebutuhan dan berjalan dengan baik. Beberapa tahapannya yaitu
  1. Rancangan perangkat lunak dan sistem secara keseluruhan akan dibahas dengan beberapa sampel turis sebagai calon pengguna serta beberapa pegawai toko, pabrik, dan museum batik
  2. Penerapan pengujian perangkat lunak yang otomatis yang mencakup End-to-End Testing, Integration Testing, dan Unit Testing.
  3. Beta release untuk mengecek apakah ada yang kurang sempurna yang mungkin baru terlihat ketika digunakan secara real
  4. Release untuk membuka kesempatan bagi siapapun yang ingin mengunduh dan menggunakan aplikasi ini

Output

  1. Aplikasi berbasis Android yang mampu menampilkan daftar dan detail lokasi toko, pabrik, dan museum batik di Jogja
  2. Sistem pendukung seperti web server dan database server

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Xamarin

Belajar Buat Aplikasi Berbasis .NET

Belajar CodeIgniter 4